Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasannya

Soal Wawasan nusantara

Share on :

Soal Wawasan nusantara - Tentunya ini akan menjadi pelajaran yang sangat berarti sekali untuk kamu semua yang lagi mencari Soal Wawasan nusantara tersebut di sini. Kami membas Soal Wawasan nusantara lengkap untuk anda bisa pelajari langsung nantinya, sehingga bisa membatu pelajaran buat anda semua.

Admin kunci jawaban menyampaikan banyak sekali soal untuk kamu semua dimana supaya anda yang ingin tahu pasti akan tahu untuk Soal Wawasan nusantara tersebut, dan soal untuk umum hinga perguruan tinggi pun kami membahas di website ini sehingga sangat lengkap apa yang anda cari semua pelajaran kami berikan untuk membantu banyak orang bisa pelajari soal-soal dan kunci jawaban.

Maka untuk itu untuk memecahkan masalah Soal Wawasan nusantara bisa anda melihat disini dibawah ini untuk bisa langsung dipelari atau anda bisa download Soal Wawasan nusantara tersebut disini.

Soal Wawasan nusantara


Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar.
 
1.      Di dalam negara adanya warga negara yang memiliki ………… atas warga negara tersebut.
a.       Kekuasaan
b.      Kewajiban
c.       Hak dan kewajiban
d.      Kedaulatan
e.       Kebebasan
2.      Salah satu kewajiban warga negara terhadap negaranya adalah ….
a.       Memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
b.      Mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau NKRI dari serangan musuh
c.       Mendapatkan pekerjaan yang layak
d.      Kemerdekaan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku
e.       Memilih, memeluk, dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
3.      Suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tersebut ….
a.      Negara
b.      Pemerintah
c.       Institusi
d.      Lembaga
e.       Departemen
4.      Hak untuk memiliki kewarganegaraan disebut ….
a.       Ius soli
b.      Ius sanguinis
c.       Hak asimiliasi
d.      Hak repudiasi
e.       Hak opsi
5.      Integrasi berasal dari bahasa Latin yakni … yang berarti memberi tempat dalam suatu keseluruhan.
a.       Integriti
b.      Integrazion
c.       Introgation
d.      Integrate
e.       Integration
6.      Setiap usaha dan kegiatan, baik dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa disebut ….
a.      Ancaman
b.      Ancaman militer
c.       Ancaman non militer
d.      Ancaman luar negeri
e.       Ancaman dalam negeri
7.      Ancaman militer yang dilakukan untuk merusak instansi penting militer atau objek vital nasional dan dapat membahayakan keselamatan bangsa disebut ….
a.       Spionase
b.      Sabotase
c.       Blokade
d.      Agresi 
e.       Invasi

8.      Ancaman militer yang merupakan kegiatan dari intelijen yang dilakukan untuk mendapatkan informasi atau rahasia militer atau negara disebut ….
a.      Spionase
b.      Sabotase
c.       Blokade
d.      Agresi
e.       Invasi
9.      Geopolitik dicetuskan pertama kali oleh sarjana ilmu politik Swedia yang bernama ….
a.       Karl Houshofer
b.      Frederich Ratzel
c.       Rudolph Kjellen
d.      Karl Marx
e.       JJ. Rousseau
10.  “Barangsiapa menguasai daerah jantung akan menguasai dunia” menurut Mackinder yang dimaksud daerah jantung adalah ….
a.       Eropa Tengah
b.      Eropa Timur
c.       Eropa Barat
d.      Asia Tenggara
e.       Asia Timur
11.  Letak geografis, wujud bumi, luas wilayah, penduduk, watak nasional, dan sifat pemerintah adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan laut. Pendapat ini dikemukakan oleh ….
a.       Sir Harford
b.      Giulio Douket
c.       William Billy Mitchell
d.      Rudolph Kjellen
e.       Alfred Thayer Mahan
12.  Sistem pembinaan budi pekerti masyarakat bangsa merupakan salah satu cerminan dari wawasan nasional yaitu ….
a.       Tata negara
b.      Tata hukum
c.       Tata budaya
d.      Tata ekonomi
e.       Tata sosial
13.  Contoh perilaku di kalangan pelajar yang diakibatkan oleh rendahnya semangat kebangsaan adalah ….
a.      Tawuran antar sekolah
b.      Bentrokan antar suku, agama, dan ras
c.       Tumbuh suburnya benih-benih primordialisme
d.      Suatu golongan menghujat golongan lain
e.       Saling memaki dan menjelekkan antar kelompok
14.  Sikap positif pelajar yang menunjukkan semangat kebangsaan di lingkungan sekolah ….
a.       Senang tawuran
b.      Senang nyontek
c.       Giat belajar
d.      Malas belajar
e.       Bergaul bebas
15.  Budaya politik Indonesia sampai sekarang belum mengalami perubahan sekalipun sistem politik sudah beberapa kali berubah, hal tersebut merupakan pendapat ….
a.       Powel
b.      Verba
c.       Samuel Beuer
d.      Rusadi Kantaprawira
e.       Gabriel Almond
16.  Pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik dalam suatu sistem politik merupakan pengertian ….
a.       Sistem politik
b.      Partisipasi politik
c.       Budaya politik
d.      Sosialisasi budaya politik 
e.       Mekanisme budaya politik

17.  Masyarakat yang mempunyai tingkat pendidikan tinggi cenderung memiliki kesadaran politik yang relatif ….
a.      Tinggi
b.      Sedang
c.       Rendah
d.      Tidak ada
e.       Cukup rendah
18.  Masyarakat cenderung tidak berminat terhadap objek-objek politik yang luas kecuali dalam batas tertentu (tempat tinggal) merupakan klasifikasi budaya politik ….
a.       Subject Political Kaula
b.      Political Modern Culture
c.       Political Traditional Culture
d.      Participant Political Culture
e.       Parochial Political Culture
19.  Karakteristik politik masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satu diantaranya adalah ….
a.       Budaya politik Indonesia yang bersifat parokial-kaula
b.      Kecenderungan patronage
c.       Kultur masyarakat Indonesia beragam
d.      Ikatan primordial yang masih kuat berakar
e.       Adanya konfigurasi subkultur masyarakat Indonesia
20.  Wadah penanaman nilai-nilai politik yang paling efektif dan efisien adalah ….
a.      Keluarga
b.      Sekolah
c.       Lingkungan
d.      Partai politik
e.       Media massa
21.  Di bawah ini yang bukan merupakan hak warga Negara adalah ….
a.       Memperoleh pekerjaan
b.      Mendapatkan kehidupan yang layak
c.       Memperoleh pendidikan
d.      Mendapatkan perlindungan hukum
e.       Mempertahankan kedaulatan negara
22.  Suatu proses hukum yang menyebabkan seseorang dengan syarat-syarat tertentu mempunyai kewarganegaraan negara lain disebut ….
a.       Kewarganegaraan
b.      Naturalisasi
c.       Ius soli
d.      Ius sanguinis
e.       Domisili
23.  Seseorang memperoleh kewarganegaraannya berdasarkan negara tempat di mana dia dilahirkan, meskipun orang tuanya bukan warga negara dari negara tersebut disebut ….
a.       Kewarganegaraan
b.      Naturalisasi
c.       Ius soli
d.      Ius sanguinis
e.       Domisili
24.  Tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Merupakan bunyi pasal ….
a.       Pasal 28 UUD 1945
b.      Pasal 28 A UUD 1945
c.       Pasal 27 ayat 1 UUD 1945
d.      Pasal 27 ayat 2 UUD 1945
e.       Pasal 27 ayat 3 UUD 1945
25.  Proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat merupakan arti integrasi secara ….
a.      Antropologis
b.      Ekonomis
c.       Sosiologis
d.      Politis 
e.       Budayais

26.  Proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional merupakan arti integrasi secara ….
a.       Antropologis
b.      Ekonomis
c.       Sosiologis
d.      Politik
e.       Budayais
27.  Suatu tindak pidana criminal tetapi memiliki sifat yang khusus, yaitu memiliki ciri-ciri, bergerak dalam kelompok, anggotanya mempunyai militansi tinggi, beroperasi di bawah tanah, menggunakan perangkat/senjata yang canggih dan mematikan serta umumnya terkait dalam jaringan internasional disebut ….
a.       Aksi agresi
b.      Aksi terorisme
c.       Aksi spionase
d.      Aksi sabotase
e.       Aksi blokade
28.  Berikut yang bukan merupakan contoh wujud integrasi nasional adalah ….
a.       Sikap menghargai dan merasa ikut memiliki kebudayaan daerah lain, bahkan mau mempelajari budaya daerah lain.
b.      Diadakan pekan olahraga nasional yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali.
c.       Sikap saling menonjolkan budaya daerah dengan merendahkan budaya daerah lain.
d.      Sikap toleransi antar umat beragama.
e.       Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta oleh Pemerintah Republik Indonesia.
29.  1.     Semua manusia mempunyai martabat yang sama.
2.     Semua bangsa memiliki hak dan kewajiban yang sama.
3.     Semua bangsa memiliki pemerintah yang berdaulat.
Alasan di atas yang melatarbelakangi bangsa Indonesia menolak paham rasialis ditunjukkan oleh nomor ….
a.       2
b.      3
c.       1 dan 2
d.      2 dan 3
e.       1 dan 3
30.  Tujuan nasional bangsa Indonesia termuat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 pada alinea ….
a.       Ke lima
b.      Ke empat
c.       Ke tiga
d.      Ke dua
e.       Pertama
31.  Undang-undang yang mengatur kewenangan penyidikan terhadap pelanggaran wilayah udara pegawai sipil adalah ….
a.      UU No. 1 Tahun 2009
b.      UU No. 2 Tahun 2009
c.       UU No. 3 Tahun 2009
d.      UU No. 4 Tahun 2009
e.       UU No. 5 Tahun 2009
32.  Konsepsi wawasan nusantara aspirasinya dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika, hal ini merupakan lahirnya istilah konsep wawasan nusantara dari segi ….
a.      Ide, gagasan, dan cita-cita
b.      Nama
c.       Perumusan dan penetapan
d.      Perumusan dan penjabaran
e.       Azas negara kepulauan
33.  Cita-cita mempersatukan Nusantara sudah ada sejak zaman Majapahit dengan ikrar yang terkenal dari Patih Gajah Mada, adalah ….
a.       Sumpah Pemuda
b.      Sumpah Palapa
c.       Bhinneka Tunggal Ika
d.      Tan Hana Dharma Mangura
e.       Mitreka Satata
34.  1.    Faktor geografis
2.    Faktor geostrategis
3.    Faktor geopolitik
4.    Faktor perkembangan wilayah Indonesia
Pernyataan di atas yang menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi wawasan nusantara adalah ….
a.       1, 2, dan 3
b.      1, 2, dan 4
c.       1 dan 2
d.      2 dan 3
e.       1, 2, 3, dan 4
35.  Menurut Robert Le Vine terdapat tiga mekanisme sosialisasi pengembangan budaya politik, yaitu ….
a.       Lembaga, partai politik, media massa.
b.      Keluarga, sekolah, media massa.
c.       LSM, partai politik, media massa.
d.      Imitasi, instruksi, motivasi.
e.       Keluarga, sekolah, lingkungan.

1.    Apakah wawasan nusantara itu?

Jawab:
Secara Etimologi kata wawasan berasal dari kata wawas (bahasa Jawa) yang berarti pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi, ditambahkan akhiran (an) bermakna cara pandang, cara tinjau atau cara melihat. Dari kata wawas muncul kata mawas yang berarti; memandang, meninjau atau melihat. Wawasan artinya; pandangan, tinjauan, penglihatan, tanggap indrawi, atau cara pandang atau cara melihat.

Selanjutnya kata Nusantara terdiri dari kata nusa dan antara. Kata nusa artinya pulau atau kesatuan kepulauan, dan antara menunjukkan letak antara dua unsur. Nusantara artinya kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua yakni Asia dan Australia dan dua samudera yakni; samudera Hindia dan samudera Pasifik.

Menurut Kelompok kerja LEMHANAS 1999 Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan Iingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Sedangkan pengertian yang digunakan sebagai acuan pokok ajaran dasar Wawasan Nusantara sebagai geopolitik Indonesia adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dengan tetap menghargai dan menghormati kebhinekaan dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional.

2.    Jelaskan, bagaimana implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi!

Jawab:
Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi:
a.    Wilayah nusantara mempunyai potensi ekonomi yang tinggi, seperti posisi di khatulistiwa, wilayah laut yang luas, hutan tropis yang besar, hasil tambang dan minyak yang besar, serta memiliki penduduk dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, implementasi dalam kehidupan ekonomi harus berorientasi pada sektor pemerintahan, pertanian, dan perindustrian.
b.    Pembangunan ekonomi harus memperhatikan keadilan dan keseimbangan antardaerah. Oleh sebab itu, dengan adanya otonomi daerah dapat menciptakan upaya dalam keadilan ekonomi.
c.    Pembangunan ekonomi harus melibatkan partisipasi rakyat, seperti dengan memberikan fasilitas kredit mikro dalam pengembangan usaha kecil.

Jadi, implementasi dalam kehidupan ekonomi adalah menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahtaraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil, adanya tanggung jawab pengelolaan sumber daya alam antara eksploitasi dan pelestarian yang seimbang.

3.    Unsur-unsur konsepsi wawasan nusantara meliputi wadah, isi dan tata laku. Jelaskan.

Jawab:
Unsur-unsur konsepsi Wawasan Nasional antara lain:
a. Wadah (Contour)
Wadah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara meliputi seluruh wilayah Indonesia yang memiliki sifat serba nusantara dengan kekayaan alam dan penduduk serta aneka ragam budaya.
b. Isi (Content)
Adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945. Isi menyangkut dua hal: Pertama, realisasi aspirasi bangsa sebagai kesepakatan bersama dan perwujudannya, pencapaian cita-cita dan tujuan nasional. Kedua, persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan yang meliputi semua aspek kehidupan nasional.
c. Tata laku (Conduct)
Hasil interaksi antara wadah dan isi wasantara yang terdiri dari :
1) Tata laku batiniah yaitu mencerminkan jiwa, semangat dan mentalitas yang balk dari bangsa Indonesia.
2) Tata laku Iahiriah yaitu tercermin dalam tindakan, perbuatan dan perilaku dari bangsa Indonesia.

4.    Apakah tujuan, fungsi, dan kedudukan wawasan nusantara? Jelaskan.

Jawab:
Tujuan Wawasan Nusantara adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala bidang dari rakyat Indonesia yang Iebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan orang perorangan, kelompok, golongan, atau suku bangsa/daerah.

Fungsi Wawasan Nusantara adalah pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan, baik bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa.

Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai visi bangsa. Visi adalah keadaan atau rumusan umum mengenai keadaan yang ingin dicapai. Wawasan nasional merupakan visi bangsa yang bersangkutan dalam menuju masa depan. Visi bangsa Indonesia sesuai dengan konsep wawasan Nusantara adalah menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu secara utuh.

5.    Jelaskan bagaimana pentingnya pemahaman wawasan kebangsaan bagi generasi muda!

Jawab:
Generasi muda harus memahami wawasan kebangsaannya, juga harus berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, dengan cara saling menghargai perbedaan, yang dimulai dari perbedaan pada hal-hal kecil. Generasi muda juga harus menjadi penggerak dalam menaati peraturan, untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara, disamping menjaga stabilitas nasional.

Kehilangan wawasan tentang makna dan hakikat sebuah bangsa dan kebangsaan, akan mendorong terjadinya disorientasi dan perpecahan. Konflik vertikal dan horizontal yang terjadi dalam kehidupan sosial itu bisa melahirkan ancaman disintegrasi bangsa. Apalagi, bangsa Indonesia merupakan bangsa plural (majemuk) yang terdiri dari beragam suku, golongan dan agama, yang mengandung potensi konflik yang dapat merugikan dan mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam era globalisasi saat ini, negara juga menghadapi tantangan, yakni akses teknologi dan informasi yang tidak terbatas. Ini secara perlahan menyebabkan bergesernya nilai-nilai yang dianut suatu bangsa, termasuk Indonesia. Pergeseran nilai itu terlihat dari kenakalan remaja yang semakin meningkat dan terkesan semakin brutal, penyalahgunaan narkoba dan perkelahian antarpelajar, serta konflik antarkelompok masyarakat yang semakin marak. Kondisi ini sangat memprihatinkan bagi perkembangan sebuah bangsa. Karena itu, sangatlah perlu untuk mempelajari kembali pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi muda dengan harapan, kehidupan bangsa Indonesia ke depan jauh menjadi lebih baik dan lebih harmonis.

Semangat kebangsaan ini harus dimiliki seluruh anak bangsa untuk bangkit mempersiapkan dan mengembangkan diri demi masa depan bangsa dan negara. Menjadi bangsa yang maju dan memiliki daya saing. Sebab, tahun 2015 nanti akan ada AEC, ASEAN Economic Community (MEA, Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang mengharuskan kesiapan kita, khususnya para pemuda. Pemuda Bojonegoro tentu juga harus siap menghadapi persaingan global tersebut, baik dalam hal keamanan, ekonomi, sosial dan budaya.

6.      Mengapa konsep federalisme tidak cocok diterapkan di Indonesia ?

Karena konsep federalisme relevansinya sama sekali tidak berhubungan dg kebutuhan bangsa Indonesia.

7.      Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia?

Keunggulan dari Bangsa Indonesia bisa dilihat dari sumber daya alamnya yang melimpah, panoramanya, serta Suku dan budaya Indonesia yang sangat banyak di bandingkan Negara Lain.

8.      Bagaimana caramu menunjukkan kebanggaan sebagai warga  negara Indonesia ?

Dengan cara tidak malu mengakui bahwa kita merupakan bagian dari warga negara Indonesia dan dengan meraih prestasi setinggi-tingginya.




LIHAT JUGA SOAL LAINNYA :

Anda sedang membaca Artikel tentang Soal Wawasan nusantara dan anda bisa menemukan Artikel Soal Wawasan nusantara ini dengan URL http://kuncijawaban4.blogspot.com/2017/05/soal-wawasan-nusantara.html, Terimakasih Telah membaca Artikel Soal Wawasan nusantara Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Soal Wawasan nusantara ini sangat bermanfaat bagi anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Soal Wawasan nusantara sebagai Sumbernya.

0 komentar on Soal Wawasan nusantara :

Post a Comment and Don't Spam!