Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasannya

Soal Hukum Gravitasi Newton

Share on :

Soal Hukum Gravitasi Newton - Ini adalah salah satu hal yang wajib kamu tahu dimana admin blog soal kunci jawaban menyampaikan Soal Hukum Gravitasi Newton kepada teman-teman semua yang saat ini mencari Soal Hukum Gravitasi Newton, dengan ini maka kamu akan tahu selengkapnya pembahasan Soal Hukum Gravitasi Newton tersebut. Sehingga para sahabat bisa mengerti dan memahami Soal Hukum Gravitasi Newton yang kami posting untuk anda semua disini.

Tentunya ini akan menjadi pelajaran yang sangat berharga sekali untuk anda dan admin juga karena mempelajari Soal Hukum Gravitasi Newton tersebut. Oya di blog Soal dan Kunci Jawaban memberikan banyak sekali Bank Soal sehingga memudahkan teman-teman mempelajari Soal-Soal yang keluar di mata pelajaran saat ini.

Dengan itu semua kami berbagi secara langsung Soal Hukum Gravitasi Newton tersebut dibawah ini, tinggal anda copy paste soal yang kami bagi ini, atau juga anda bisa download untuk Soal Hukum Gravitasi Newton tersebut.

Sehingga ini akan menjadi menyenangkan kalau kita selalu belajar Soal Hukum Gravitasi Newton dan kamu bisa Soal Hukum Gravitasi Newton ini sehingga dipastikan juga teman2 akan bisa mendapatkan Nilai Bagus untuk Soal Hukum Gravitasi Newton ini. Ini akan menjadi Bocoran Soal Hukum Gravitasi Newton yang harus kamu pelajari saat ini.

Selamat belajar dan jangan lupa juga selalu berdoa duluh sebelum belajar ya supaya otak bisa encer dan mampu menyerap semua Soal Hukum Gravitasi Newton yang kami bagikan dibawah ini selengkapnya ok.

Soal No 1

Dua buah planet X dan Y terpisah sejauh R meter. Massa planet X sama dengan massa planet Y sebesar M kg. Jika nilai tetapan gravitasi universal G, maka tentukanlah besar gaya gravitasi planet X terhadap Y?

Pembahasan Soal No 1
Diketahui :
M1 = M2 =  M kg
jarak antar planet = R m





Gaya gravitasi planet X sama besar dengan gaya gravitasi planet Y, dengan arah yang saling berlawanan.

Soal No 2
Jika dua buah planet memiliki massa 2 x 1020 kg dan 4 x 1020 kg. Jarak antar dua planet adalah 2.105 km. Tentukanlah gaya gravitasi antar 2 planet!

Pembahasan Soal No 2
Diketahui:
M1 = 2 x 1020 kg
M2 = 4 x 1020 kg
R  = 2.105 km 
Ditanya F = ?
Jawab =
Pembahasan Soal Nomor 2 Hukum Gravitasi Newton

Soal No 3
Di titik A dan C sebuah bujur sangkar ditempatkan benda bermassa 1 dan 0,5 kg. Bila gaya tarik menarik antar benda sebesar 0,5 G. Tentukanlah panjang sisi bujur sangkar tersebut!

Pembahasan Soal No 3
Diketahui:
Ma = 1 kg
Mc = 0,5 kg
Fac = 0,5 G
Ditanya = r ?
Pembahasan Soal Nomor 3 Hukum Gravitasi Newton

Soal No 4
Sebuah benda diukur beratnya di permukaan bumi 2500 N, jika benda berada pada ketinggian 2 kali jari-jari bumi dari permukaan bumi, maka tentukanlah berat benda pada ketinggian tersebut!

Pembahasan Soal No 4
Diketahui:  
w1 = 2500 N
r1 = R bumi
r2 = R bumi + h
r2 = R bumi + 2 R bumi
r2 = 3R bumi
Ditanya:
w2

Pembahasan Soal Nomor 4 Hukum Gravitasi Newton
Catatan:
Kebanyakan siswa salah dalam menentukan jarak 
rkarena siswa mengukur jaraknya dari permukaan bumi saja, padahal jaraknya diukur dari pusat bumi sampai pada ketinggian h dari permukaan bumi. Jadi, berhati-hatilah dalam menentukan jarak antara pusat bumi dan benda pada ketinggian tertentu. Biar lebih paham, coba ulangi soal nomor 4 dengan baik.
Soal No 5
Sebuah benda berada pada permukaan bumi, massa benda itu adalah 320 kg. Bila benda tersebut dibawa pada ketinggian 3 R dari permukaan bumi. Tentukanlah:
a. Massa benda pada ketinggian tersebut
b. Besar percepatan gravitasi pada ketinggian tersebut
b. berat benda pada ketinggian tersebut

Pembahasan Soal No 5
Diketahui:
m= 320 kg, w= 3200 N
r= R bumi
r= R bumi + h
r= R bumi + 3 R bumi
r= 4R bumi
Ditanya:
a. m2
b. g2
c. w2
Jawab:
Massa benda selalu tetap, walaupun berada di ketinggian tertentu atau di planet manapun. Adapun yang mengalami perubahan adalah percepatan gravitasi yang dialami benda.
Jadi percepatan gravitasi pada ketinggian tersebut adalah 1/16 percepatan gravitasi bumi atau berkurang menjadi 10/16 m/s^2 dan berat benda menjadi berkurang 200 N.
Soal No 6
Dua buah benda berada pada bidang yang sejajar. Masing-masing benda memiliki massa yang berbeda. Massa benda pertama adalah 2500 kg dan 900 kg. Ke dua benda ini terpisah sejauh 10 m. Tentukanlah letak benda ke 3 yang bermassa 4500 kg harus diletakkan agar gaya gravitasi yang dialaminya nol!
Pembahasan Soal No 6
Pembahasan Soal Nomor 6 Hukum Gravitasi Newton
Jadi letak benda ke 3 agar gaya gravitasi yang dialaminya nol  harus diletakkan 3,75 m di sebelah kiri benda ke 2.

sumber: bagifisika.com




LIHAT JUGA SOAL LAINNYA :

Anda sedang membaca Artikel tentang Soal Hukum Gravitasi Newton dan anda bisa menemukan Artikel Soal Hukum Gravitasi Newton ini dengan URL http://kuncijawaban4.blogspot.com/2017/03/soal-hukum-gravitasi-newton.html, Terimakasih Telah membaca Artikel Soal Hukum Gravitasi Newton Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Soal Hukum Gravitasi Newton ini sangat bermanfaat bagi anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Soal Hukum Gravitasi Newton sebagai Sumbernya.

0 komentar on Soal Hukum Gravitasi Newton :

Post a Comment and Don't Spam!